PKL hari ke 23

 Engineer On-site

Troubleshooting looping switch

Hari ini saya kembali menjalankan tugas sebagai Network Engineer di salah satu instansi pemerintah yang berlokasi di Gedung Kemendikbud, Senayan. Kegiatan hari ini merupakan monitoring jaringan dan  troubleshoot, di mana ditemukan gangguan koneksi internet di Gedung B.

Setelah sempat dilakukan restart seluruh Access Point (AP) dan sebagian perangkat seperti PC dan laptop berhasil terkoneksi, masih terdapat permasalahan utama yaitu perangkat handphone belum bisa konek, dan koneksi jaringan masih terasa tidak stabil.

A.     monitoring infrastruktur jaringan, khususnya perangkat Access Point (AP) dan Access Switch (AS) di seluruh area Gedung Senayan kecuali Gedung-D

 

ACCESS POINT

Waktu

Gedung

Status

Dokumentasi

8:30 WIB

A

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:31 WIB

B

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:32 WIB

C

1 offline

8:33 WIB

C-R310

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:31 WIB

E

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:32 WIB

E-R700

3 offline

8:33 WIB

F

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:34 WIB

F-R700

2 offline

8:35 WIB

Masjid

Tidak ada AP dengan status Offline

 

 

ACCESS SWITCH (AS)

Waktu

Gedung

Status

Dokumentasi

8:37

WIB

A

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:39

B

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:40

C

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:42

E

3 Offline

8:43

F

Tidak ada AP dengan status Offline

 

8:44

Mesjid

Tidak ada AP dengan status Offline

 

 

B.     Troubleshooting Koneksi Internet di Gedung-B

Dilakukan troubleshooting koneksi internet di Gedung A  pada pukul 09:00 karena terdapat issue dari malam selasa yang dimana banyak client komplain atau mengeluh karena koneksi internet di Gedung B tidak dapat di akses atau koneksi jaringan di Gedung B kurang baik.

Troubleshoot ke 1

Waktu

Kasus

Penyebab

Tindakan

Hasil

09:00

Semua perangkat di Gedung B mengalami permasalahan koneksi internet, yaitu keterlambatan koneksi internet dan ada beberapa yang  tidak dapat mengakses internet

 

Belum teridentifikasi secara pasti. Ditemukan indikasi bahwa perangkat gagal memperoleh alamat IP dari jaringan.

Melakukan restart pada seluruh Access Point (AP) di Gedung B

 Perangkat PC dan laptop mulai dapat terhubung kembali ke jaringan, namun ada beberapa juga yang belum sebagian besar perangkat mobile seperti handphone masih mengalami kendala koneksi seperti tidak bisa mengakses internet

 

 

Troubleshoot ke 2

   Setelah dilakukan troubleshoot awal pada pukul 09:00 WIB, sebagian besar perangkat PC dan laptop di Gedung B telah berhasil terhubung kembali ke jaringan. Namun, masih ditemukan kendala di mana ada beberapa perangkat yang masih belum bisa terhubung ke internet dan sebagian besar perangkat mobile (handphone) tidak dapat mengakses jaringan.

Waktu

Kasus

Penyebab

Tindakan

Hasil

13:30 WIB

 

Koneksi internet di Gedung B masih tidak stabil dan masih banyak perangkat belum bisa terkoneksi

 

Ditemukan indikasi looping pada switch Gedung A lantai 1, ditandai dengan switch membaca dirinya sendiri melalui perintah show lldp

Menonaktifkan (disable) port 13 pada switch yang terindikasi menyebabkan looping

 Setelah port di disable, koneksi internet di Gedung B kembali normal dan seluruh perangkat dapat terkoneksi dengan baik kembali.


DOKUMENTASI




 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Installasi/Konfigurasi Server DNS Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

Installasi Web Server di Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

install dan konfigurasi LMS (moodle) di Red Hat Enterprise Linux (RHEL)