PKL hari ke 23
Engineer On-site
Troubleshooting looping switch
Hari ini saya kembali menjalankan tugas sebagai Network Engineer di salah satu instansi pemerintah yang berlokasi di Gedung Kemendikbud, Senayan. Kegiatan hari ini merupakan monitoring jaringan dan troubleshoot, di mana ditemukan gangguan koneksi internet di Gedung B.
Setelah sempat dilakukan restart seluruh Access Point (AP) dan sebagian perangkat seperti PC dan laptop berhasil terkoneksi, masih terdapat permasalahan utama yaitu perangkat handphone belum bisa konek, dan koneksi jaringan masih terasa tidak stabil.
A.
monitoring
infrastruktur jaringan, khususnya perangkat Access Point (AP) dan
Access Switch (AS) di seluruh area Gedung Senayan kecuali Gedung-D
ACCESS POINT
Waktu |
Gedung |
Status |
Dokumentasi |
8:30 WIB |
A |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:31 WIB |
B |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:32 WIB |
C |
1 offline |
|
8:33 WIB |
C-R310 |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:31 WIB |
E |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:32 WIB |
E-R700 |
3 offline |
|
8:33 WIB |
F |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:34 WIB |
F-R700 |
2 offline |
|
8:35 WIB |
Masjid |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
ACCESS SWITCH (AS)
Waktu |
Gedung |
Status |
Dokumentasi |
8:37 WIB |
A |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:39 |
B |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:40 |
C |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:42 |
E |
3 Offline |
|
8:43 |
F |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
8:44 |
Mesjid |
Tidak ada AP
dengan status Offline |
|
B.
Troubleshooting Koneksi Internet di Gedung-B
Dilakukan troubleshooting koneksi
internet di Gedung A pada pukul 09:00 karena
terdapat issue dari malam selasa yang dimana banyak client komplain atau mengeluh
karena koneksi internet di Gedung B tidak dapat di akses atau koneksi jaringan
di Gedung B kurang baik.
Troubleshoot ke 1
Waktu |
Kasus |
Penyebab |
Tindakan |
Hasil |
|
09:00 |
Semua perangkat di Gedung B mengalami permasalahan koneksi internet, yaitu keterlambatan koneksi internet dan ada beberapa yang tidak dapat mengakses internet |
Belum
teridentifikasi secara pasti. Ditemukan indikasi bahwa perangkat gagal
memperoleh alamat IP dari jaringan. |
Melakukan
restart pada seluruh Access Point (AP) di Gedung B |
Perangkat PC dan laptop mulai dapat
terhubung kembali ke jaringan, namun ada beberapa juga yang belum sebagian
besar perangkat mobile seperti handphone masih mengalami kendala koneksi
seperti tidak bisa mengakses internet |
Troubleshoot ke 2
Setelah
dilakukan troubleshoot awal pada pukul 09:00 WIB, sebagian besar perangkat PC
dan laptop di Gedung B telah berhasil terhubung kembali ke jaringan. Namun,
masih ditemukan kendala di mana ada beberapa perangkat yang masih belum bisa
terhubung ke internet dan sebagian besar perangkat mobile (handphone) tidak
dapat mengakses jaringan.
Waktu |
Kasus |
Penyebab |
Tindakan |
Hasil |
||
13:30 WIB |
Koneksi internet di Gedung B masih tidak stabil dan masih banyak perangkat belum bisa terkoneksi |
Ditemukan
indikasi looping pada switch Gedung A lantai 1, ditandai dengan switch
membaca dirinya sendiri melalui perintah show lldp |
Menonaktifkan
(disable) port 13 pada switch yang terindikasi menyebabkan looping |
Setelah port di disable, koneksi internet di
Gedung B kembali normal dan seluruh perangkat dapat terkoneksi dengan baik
kembali. |
DOKUMENTASI
Komentar
Posting Komentar